Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna

Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna
Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna - Mencetak dengan printer tidaklah selalu mulus dalam kenyataannya ada saja masalah yang terjadi. Khusus untuk masalah hasil cetak warnanya tidak sesuai dengan yang ditampilkan dilayar monitor, ada beberapa penyebabnya.

Jika orang yang sudah berpengalaman tentu masalah ini bukanlah hal besar, dengan mudah dapat mendeteksi penyebabnya. Akan tetapi buat yang tidak begitu paham maka ada rasa panik dan jengkel jika hasil cetaknya kurang bagus bahkan jelek bergaris garis.

Berdasarkan pengalaman admin blog printer-epson-terbaru.blogspot.com yang hobi ngeprint, secara garis besar ada 2 penyebab yaitu masalah tinta dan masalah pada head.

Masalah Head
Khusus untuk masalah head cuma ada satu yaitu head tersumbat atau buntu. Untuk cara mengatasinya bisa dengan menyuntikkan cairan pembersih pada head. Tutorial caranya bisa langsung kamu lihat di youtube.

Masalah Tinta
  1. Merk tinta diganti
  2. Salah satu tinta habis
  3. Kualitas tinta kurang bagus
  4. Terdapat udara pada selang tinta
Ganti Merk Tinta
Bila berganti merk tinta dari sebelumnya tinta A ke tinta B, sudah pasti untuk warna kemungkinan besar tidak akan sesuai jika kamu langsung mencampur dengan sisa tinta lama. Untuk mengatasi hal demikian disarankan jika mengganti tinta agar hasil tetap bagus untuk menguras semua tinta lama yang terdapat pada selang, kartrid dan head.

Tinta Habis
Salah satu tinta habis bisa juga jadi penyebab warna tinta tidak sesuai atau tidak sempurna hasil cetaknya. Misal tinta kuning habis maka hasil cetak tidak akan bisa cerah cenderung foto hasil cetakan berwarna gelap.

Kualitas Tinta
Sebenarnya untuk memilih tinta berkualitas adalah urutan nomor satu paling penting agar head printer dapat bertahan selama mungkin atau awet. Tinta printer paling bagus berkualitas ya tinta asli / original buatan epson, namun ya begitu harganya memang mahal. Ada harga ada kualitas.

Yang jelas jangan gunakan merk tinta abal abal misalnya tinta produksi rumahan, tinta demikian dijamin bikin rusak head. Jika terpaksa tidak mau pakai tinta asli dari epson sebab mahal, kamu pilih saja merk tinta printer yang sudah terkenal dan banyak ulasan positif tentang merk tinta tersebut.

Udara Pada Selang
Adanya angin atau udara pada selang tinta bisa disebabkan oleh faktor tinta habis dan saat mengisi telat terlanjur udara masuk selang hingga akhirnya masuk head. Solusi mengatasinya cukup mudah kok tinggal jalankan head cleaning atau deep cleaning untuk menguras tinta lebih banyak.

Demikianlah Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna berdasar pengalaman pribadi admin. Semoga bermanfaat buat yang membutuhkan info ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna"

Back To Top