Pentingnya Plugin Google XML Sitemaps Untuk Index Cepat

Betapa pentingnya plugin Google XML Sitemaps untuk index blog lebih cepat, ini telah terbukti lebih baik daripada menggunakan sitemap feed. Ketika saya putuskan untuk mengisi blog ini secara cepat dengan banyak posting artikel dengan harapan traffik blog dengan cepat pula naik, namun kenyataan berbeda terjadi. Artikel yang saya posting tidak dengan segera ke index oleh mesin pencari google.

Selidik kenapa artikel baru lama keindex akhirnya ketemu permasalahannya. Sitemap feed yang sudah saya submit ke google webmaster tools (sekarang search console) menunjukkan bahwa artikel belum juga di index, padahal sudah ada artikel yang dua minggu lebih postingnya tetapi status hanya terkirim saja belum terindeks. Bahkan, indeks blog mengalami penurunan saat saya posting berberapa artikel sekaligus dalam sehari.

Tanya mbah google akhirnya punya solusi agar indek lebih baik, yakni dengan memasang plugin google xml sitemaps. Setelah install plugin tersebut langsung saya aktifkan dan mensubmit ke google search console.

Tidak butuh waktu lama seperti feed, sitemap xml lebih bagus bekerja. Di hari pertama sudah ada yang terindeks, hari kedua bertambah banyak dan saat ini sudah hari ke tiga jumlah indeks pun semakin banyak. Berbeda sekali dengan sitemap feed yang belum juga menunjukkan bertambahnya url yang terindeks.

lihat screenshot dibawah betapa cepatnya sitemap.xml bekerja dibandingkan dengan feed. lingkaran merah menunjukkan jumlah url yang terindeks dari masing2 sitemap.

Plugin Google XML Sitemaps

Akhirnya daripada tidak hati tidak tenang memikirkan sitemap feed, saya putuskan hanya menggunakan sitemap.xml saja dan menghapus sitemap feed pada google search console.

0 Komentar untuk "Pentingnya Plugin Google XML Sitemaps Untuk Index Cepat"

Back To Top