Printer yang mencetak gambar dan dapat memancarkan tinta pada kertas

Printer yang mencetak gambar dan dapat memancarkan tinta pada kertas disebut
Printer yang mencetak gambar dan dapat memancarkan tinta pada kertas disebut. Sekedar info saja barangkali kamu sedang mencari informasi terkait judul posting ini. Jawaban atas pertanyaan tersebut ialah printer Inkjet.

Saat ini printer inkjet lebih populer dibandingkan dengan printer jenis lainnya, sebab jenis printer inkjet dapat digunakan untuk mencetak berbagai barang antara lain print dokumen, print foto, print label produk, print undangan dan lain lain. Memang sih untuk printer jenis laser juga dapat digunakan buat print barang barang tersebut, namun harga produksinya jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer inkjet.

Printer Ink Jet muncul pada era tahun 1980-an dan menggunakan tinta untuk mencetak output pada kertas. Ketika pertama kali muncul, printer ini mengedepankan teknik cetak warna, sehingga banyak digemari pengguna printer. Hasil dari pada percetakanya pun lebih bagus dari pada pita, meskipun dengan ongkos pembelian tinta yang lebih mahal.

Teknologi yang diusung oleh printer Ink Jet adalah teknologi dor on demand. Teknologi ini menyemprotkan titik-titik kecil tinta ke atas kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Jumlah tinta yang dikeluarkan diatur dengan menggunakan perangkat lunak pengendali (driver) yang digunakan. Teknologi lainya dikembangkan oleh Canon dan HP dengan menggunakan thermal atau panas. Panas yang dihasilkan dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak di atas kertas.

Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Di pasar pribadi dan bisnis kecil komputer, printer inkjet saat ini mendominasi. Printer inkjet biasanya murah, tenang, cukup cepat, dan banyak model dapat menghasilkan output kualitas tinggi. Seperti kebanyakan teknologi modern, yang inkjet masa kini dibangun pada kemajuan yang dibuat oleh versi sebelumnya banyak. Di antara banyak kontributor, Epson, Hewlett-Packard dan Canon dapat mengklaim bagian substansial dari kredit untuk pengembangan teknologi inkjet modern.

Di pasar konsumen di seluruh dunia, empat produsen account untuk sebagian besar printer inkjet penjualan: Canon, Hewlett-Packard, Epson, dan Lexmark. Printer inkjet yang khas biasanya termasuk perakitan printhead inkjet, perakitan kertas pakan, power supply, sirkuit kontrol dan port antarmuka.

Kelebihan
Dibandingkan dengan printer yang berorientasi-konsumen sebelumnya, printer inkjet memiliki sejumlah keunggulan. Mereka lebih tenang dalam operasi dari printer dot matrix dampak atau printer daisywheel. Mereka dapat mencetak lebih halus, rincian printhead mulus melalui resolusi yang lebih tinggi, dan banyak printer inkjet dengan pencetakan warna berkualitas photorealistic tersedia secara luas. Dibandingkan dengan teknologi yang lebih mahal seperti lilin panas, sublimasi pewarna, dan printer laser, printer inkjet memiliki keunggulan praktis tidak ada waktu pemanasan dan biaya lebih rendah per halaman (kecuali bila dibandingkan dengan printer laser).

Kekurangan
Kelemahan dari printer inkjet termasuk kepala cetak tipis (rentan terhadap penyumbatan) dan kartrid inkjet mahal. Ini biasanya menyebabkan nilai-berpikiran konsumen untuk mempertimbangkan printer laser untuk aplikasi volume menengah ke tinggi printer. kelemahan lainnya termasuk perdarahan tinta, dimana tinta dilakukan ke samping jauh dari lokasi yang diinginkan oleh efek kapiler, hasilnya adalah penampilan berlumpur pada beberapa jenis kertas. Sebagian besar produsen printer inkjet juga menjual kertas tanah liat diperlakukan khusus dirancang untuk mengurangi perdarahan. Karena tinta yang digunakan dalam sebagian besar inkjet cartridges tinta dan tangki air-larut, perawatan harus diambil dengan cetak inkjet-dokumen untuk menghindari bahkan drop terkecil air, yang dapat menyebabkan berat "kabur" atau "berjalan."

Selain terkenal printer inkjet kecil untuk rumah dan kantor, ada pasar untuk printer inkjet profesional, beberapa sedang untuk mencetak format halaman-lebar, dan sebagian besar yang untuk mencetak format lebar. "Format Page-width" berarti bahwa lebar cetak berkisar dari sekitar 8,5 "sampai 37". "Format Wide" berarti bahwa ini adalah printer inkjet lebar cetak mulai dari 24 "sampai 15". Penerapan printer inkjet halaman-lebar untuk mencetak komunikasi bisnis tinggi volume yang memiliki kebutuhan yang lebih rendah untuk tata letak dan warna mencolok. Terutama dengan penambahan teknologi data variabel, printer inkjet-lebar halaman yang penting dalam penagihan, penandaan, dan katalog individual dan surat kabar. Penerapan sebagian besar printer inkjet format lebar ini untuk mencetak grafis periklanan, sebuah aplikasi kecil adalah pencetakan desain oleh arsitek atau insinyur.

Cara Kerja Printer Inkjet
  • Disaat kita meng-klik tombol OK atau Print, ada beberapa aksi yang dilakukan.
  • Aplikasi perangkat lunak yang digunakan mengirimkan data yang akan dicetak ke printer driver.
  • Driver menerjemahkan data yang dikirimkan menjadi data yang dapat dimengerti oleh printer dan memeriksa apakah printer siap untuk melakukan pencetakan.
  • Data kemudian dikirimkan oleh driver dari komputer ke printer dengan menggunakan antarmuka koneksi paralel/USB.
  • Printer menerima data dari komputer dan sejumlah data disimpan dalam Buffer. Buffer dapat berukuran dari 512 KB RAM hingga 16 MB RAM bergantung pada modelnya. Buffer sangat berguna karena mengijinkan komputer melakukan pencetakan dengan cepat daripada harus menunggu halaman yang sebenarnya untuk dicetak.
  • Jika printer dalam status idle dalam waktu yang lama, biasanya akan dilakukan proses pembersihan head print terlebih dahulu. Setelah pembersihan selesai, printer siap untuk mencetak.
  • Circuit Control mengaktifkan feed motor stepper untuk mengambil kertas. Motor ini mengaktifkan roll dan mengambil kerta yang ada pada tray kertas. Ada mekanisme kecil yang melakukan pengecekan pada tray kertas. Jika ada kertas yang terdeteksi, maka pencetakan dilakukan. Tapi jika tidak terdeteksi adanya kertas, LED pada printer akan menyala dan printer mengirim alert Printer is out of paper pada komputer.
  • Setelah kertas dimasukkan, print head menggunakan belt untuk berpindah posisi mengitari kertas. Motor berhenti setiap sepersekian detik memberi waktu pada print head untuk menyemprotkan titik-titik tinta pada kertas sebelum kembali bergerak. Pergerakan ini terjadi begitu cepat sehingga terlihat seperti kontinyu.
  • Beberapa titik dibuat dalam sekali semprot. Head print menyemprotkan warna CMYK dalam nilai yang tepat sehingga didapat warna yang diinginkan.
  • Setelah mencapai batas sisi kertas, print head kembali ke sisi awal kertas (atau pada beberapa printer print head berputar/berbalik) dan kembali mencetak.
  • Proses diatas berulang hingga tercetak satu halaman penuh. Waktu yang digunakan untuk mencetak satu halamann juga bervariasi, bergantung pada kompleksitas halaman ataupun gambar yang dicetak.
  • Setelah pencetakan selesai, head print diposisikan disisi lain diluar area kertas. Feed motor stepper kemudian mendorong kertas hingga kembali ke tray dan pencetakan selesai. Saat ini, kebanyakan printer sudah menggunakan tinta yang cepat kering sehingga dokumen hasil cetak dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu smudging terlebih dahulu.
Demikian posting dengan judul Printer yang mencetak gambar dan dapat memancarkan tinta pada kertas disebut. semoga bermanfaat buat kamu yang membutuhkan informasi ini. Selamat beraktifitas dan semoga sukses selalu. akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 Komentar untuk "Printer yang mencetak gambar dan dapat memancarkan tinta pada kertas"

Back To Top