Jenis monitor yang memiliki 4 sampai 16 warna disebut

Jenis monitor yang memiliki 4 sampai 16 warna disebut
jenis monitor yang memiliki 4 sampai 16 warna disebut - Jawaban dari soal tersebut ialah CGA atau Color Graphics Adapter. Penggunaan CGA biasanya pada komputer komputer lama, kalau sekarang mungkin tidak ada. tapi dulu iya, mungkin kamu belum lahir cga dipakai pada pc jadul gitu.

Color Graphics Adapter
Menurut wikipedia bahasa indonesia cga pertama kali diperkenalkan dan dikeluarkan pada tahun 1981 oleh IBM. Dan menjadi standar untuk tampilan komputer IBM PC pada saat itu.

Kartu grafik IBM CGA standar dilengkapi dengan memori video sebanyak 16 kilobyte. Kartu CGA mempunyai beberapa mode grafik dan teks dengan ketelitian hingga mencapai 640×200 piksel dan juga jumlah warna mencapai 16 (walaupun tak dengan ketelitian tersebut). CGA biasanya dianggap mampu bisa menampilkan maksimal 4 warna dengan ketelitian sebesar 320×200, namun ada juga beberapa cara (resmi maupun tidak resmi) untuk menampakkan lebih banyak lagi warna, juga masih dalam mode grafik.

CGA kemudian berkembang digantikan oleh kartu EGA dari IBM, yang mendukung ketelitian hingga sebanyak 640×350 dan sejumlah palet yang masing-masing terdiri dari 16 warna dari 64 warna yang sudah tersedia baik dalam mode teks maupun grafik.

Tag : komputer
0 Komentar untuk "Jenis monitor yang memiliki 4 sampai 16 warna disebut"

Back To Top