Manfaat Jus Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Jus Alpukat Untuk Ibu Hamil
Manfaat Jus Alpukat Untuk Ibu Hamil - Sesuai dengan janji saya setelah posting Cara Membuat Jus Alpukat, sekarang saya posting Manfaat dari jus Alpukat, terutama bagi ibu hamil. Berikut ulasan tentang manfaat jus alpukat bagi ibu hamil:

Asam folat sebenarnya vitamin B9, bagian dari vitamin B kompleks, jenis vitamin yang larut air. Dengan sifatnya yang mudah larut dalam air, vitamin ini tidak bisa disimpan lama di dalam tubuh sebab setelah diambil oleh tubuh kita lalu di keluarkan lewat urine . Dengn sifatnya tersebut itu, ibu hamil serta ibu yang berniat hamil tentunya perlu mengasup asam folat setiap harinya. Vitamin ini tentu dapat membantu tubuh kita dalam memproduksi dan juga menjaga kesempurnaan DNA (Deoxyribose Nucleic Acid) dan RNA (Ribonucleic acid), bahan genetik tubuh.

Para ahli sudah menganjurkan agar ibu hamil sebaiknya mengasup sumber asam folat dari buah-buahan yang segar atau sayur lalapan (yang belum dimasak tentunya). Sebab sayur yang dimasak 80% kandungan akan asam folatnya hilang saat proses pemasakan tersebut.

Bikin janin sehat
Buah yang paling kaya akan kandungan asam folatnya adalah alpukat yang sering kita jumpai dalam es campur, es teler, es oyen dan jus alpukat. Banyak juga orang takut mengonsumsi buah ini sebab beranggapan alpukat itu sangat tinggi akan kandungan lemaknya. Memang benar sih, kandungan lemak dalam alpukat itu bisa 20-30 kali lebih banyak bila dibandingkan buah-buahan lainnya. Namun perlu kita diketahui, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak yang baik. Yaitu lemak tak jenuh tunggal yang juga disebut-sebut bisa membantu guna menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan juga menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Buah alpukat merupakan satu satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Nah, itu sangat baik Bagi ibu hamil yang butuh lemak sebagai bahan penghasil energi, tentunya akan lebih baik abila lemak yang diasup bersifat tak jenuh. Selain itu, buah alpukat juga paling kaya akan asam folat -zat gizi yang bahkan sudah harus atau wajib dipenuhi oleh ibu yang berniat untuk hamil dan juga ibu hamil sejak baru terbentuknya embrio.

Bila menurut Prof.dr.Joseph Hersh seorang dari Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Kentucky, AS, trimester I merupakan masa dimana pembentukan sistem saraf pusat janin, termasuk otak dan juga sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan akan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing dan cacat saluran kemih, serta cacat anggota bagian tubuh lainnya. Penelitian pada 1991 juga telah menemukan hubungan antara asam folat dan cacat sejak lahir. Kekurangan akan asam folat yang dapat mempengaruhi pembentukan fungsi jaringan otak, saraf, dan sumsum tulang ternyata bisa berakibat bayi yang dilahirkan menjadi cacat.

Seperti halnya pada zat-zat gizi yang lain kalau janin tidak memperoleh pasokan asam folat, maka dia akan mengambilnya dari gizi cadangan sang ibu. Hal ini tentu saja akan berpengaruh buruk pada kesehatan sang ibu itu sendiri. Selain penyakit anemia, letih, lesu, insomnia (susah tidur), pelupa, juga depresi, hingga rambut beruban, ibu terancam juga oleh risiko terkena penyakit kanker usus besar, payudara, serta pankreas.

Satu buah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah gizi ini cukup memenuhi 30% kebutuhan akan asam folat ibu hamil. Kebutuhan akan asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain itu asam folat dan juga lemak, alpukat mengandung serat yang berguna untuk membantu mencegah penyakit sembelit yang sering dialami oleh seorang ibu hamil. Sedangkan kadar kalium (bermanfaat guna menyeimbangkan tekanan darah) yang pada alpukat 2-3 kali lebih banyak jumlahnya daripada pisang.

Beruntung makanan tradisional di Indonesia kaya akan asam folat, seperti misalnya sayuran berwarna hijau, buah-buahan berwarna jingga dan juga merah. Sumber akan asam folat pada bahan makanan lainnya adalah susu, buah pisang, jeruk, brokoli, taoge, dan juga kacang-kacangan (termasuk tahu dan tempe).

kata kunci : manfaat jus alpukat bagi ibu hamil khasiat jus alpukat untuk ibu hamil tua 8 bulan jus alpukat kekinian untuk asam lambung. kandungan protein nutrisi kalori minuman jus alpukat.

0 Komentar untuk "Manfaat Jus Alpukat Untuk Ibu Hamil"

Back To Top