Cara mengetahui program yang sedang terhubung ke internet

program yang sedang terhubung ke internet
Cara mengetahui program yang sedang terhubung ke internet - Pernah tidak kamu mengalami kuota tiba tiba habis padahal pemakaian kita tidak banyak? atau kamu merasa koneksi internet tidak kunjung berhenti? bagi yang pakai modem tentu kita bisa melihat download dan upload pada software modem tersebut, tentu saja kita tahu kalau koneksi sedang berjalan dari software tersebut.

Nah, masalahnya disini kita tidak sedang pakai untuk download maupun browsing akan tetapi pada aplikasi modem tampak sedang berjalan, ini yang tidak beres betul tidak? kalau lihat di task manager? kita memang dapat melihat software apa saja yang sedang berjalan pada task manager, namun kurang akurat kalau tujuan kita mencari yang terhubung internet, sebab yang ditampilkan pada proses task manager adalah program yang sedang berjalan. Jadi yang sedang berjalan baik kita yang menjalankan maupun yang berjalan di belakang layar ada disitu semua baik yang sedang pakai koneksi internet maupun yang tidak menggunakan.

Ada satu cara mengetahui aplikasi yang menggunakan internet di pc secara akurat, bahkan kita bisa tahu mana program yang menggunakan kuota paling besar maupun yang terkecil. Kita tidak perlu pakai software tambahan dari luar, sebab pada windows sendiri telah disediakan namanya yaitu resource monitor. Berikut dibawah ini cara melihat program yang sedang pakai koneksi internet kita.

Cara melihat penggunaan data di pc 
  1. Klik start pada kolom pencarian tulis resource
  2. Klik program resource monitor
  3. Pada kotak resource monitor klik pada network
  4. Lihat bagian receive, yang paling atas itu yang paling banyak menyedot kuota
Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya

resource


resource monitor

Untuk berjaga jaga sebaiknya program yang tidak memerlukan internet untuk menjalankannya kamu blokir saja dengan wiindows firewall, atau juga bisa menggunakan antivirus yang internet security agar tidak konek internet dengan sendirinya. Contoh program yang tidak butuh koneksi internet untuk menjalankannya ialah photoshop dan coreldraw.

Tentu saja tujuan dari mengaktifkan firewall ini untuk menghemat kuota bagi pengguna modem. Kalau menggunakan internet LAN atau wifi seperti speedy sih gak apa apa kan unlimited, namun ya tetap saja bisa bikin koneksi jadi lelet atau lemot.

Favorit saya menggunakan firewall dari antivirus kaspersky internet security, selain mudah dijalankan antivirus ini sangat baik melindungi komputer dari berbagai virus yang menyerang.

Demikian Cara mengetahui program yang sedang terhubung ke internet, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang membutuhkannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tag : komputer
0 Komentar untuk "Cara mengetahui program yang sedang terhubung ke internet"

Back To Top