Pengertian Printer dan Fungsinya

Pengertian Printer dan Fungsinya
Pengertian Printer dan Beserta Fungsinya - Kata printer diambil dari dua suku kata yang berasal dari bahasa inggris, mungkin anda sudah tau. Ya, dua kata tersebut ialah 'Print' yang memiliki arti cetak dan kata 'Er' kata ganti yang digunakan untuk orang ataupun benda. Secara keseluruhan printer berarti pencetak, alat yang digunakan untuk mencetak meliputi mesin cetak undangan atau offset, cetak spanduk, mesin cetak banner dll. Akan tetapi di Indonesia ini printer dikhususkan untuk alat pencetak kertas saja seperti printer inkjet , printer dotmatrix dan printer laser.

Arti Printer lebih spesifik lagi menurut ilmu komputer berarti alat mencetak dari hasil kerja digital kita yang berupa file tulisan dan gambar dari pc atau laptop. Printer bekerja lewat perintah yang sudah terprogram dari satu komputer atau laptop melalui kita manusia sebagai operatornya. Memang printer pada umumnya dikaitkan pada komputer atau laptop agar dapat berfungsi untuk mencetak, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi khususnya electronik sekarang sudah banyak printer yang diberi nama printer all in one. Printer All In One sendiri dapat beroperasi sendiri tanpa campur tangan komputer PC atau laptop. 
  • Printer dapat saja bekerja dengan cara otomatis program dan manual program. Sebagai contoh printer atau pencetak otomatis dapat kita jumpai pada mesin fotocopy. Dalam mesin fotokopi memang telah ditanamkan chip yang dapat membuat pencetak bekerja otomatis. Dalam mesin fotocopy manusia tinggal pencet pencet saja mesin sudah bekerja sendiri mencetak lembaran kertas hvs.
  • Sedangkan contoh manual program adalah printer yang mencetak dengan bantuan perangkat lain seperti PC dan Laptop dan kita sebagai perantara pengoperasiannya. 
Pada dasarnya cara kerja suatu printer sangatlah sederhana. Sangat mudah dilakukan oleh seorang yang pemula sekalipun. Untuk mengetahui bagian bagian terpenting dari printer berikut admin sertakan perangkat apa saja yang merangkainya.

  1. Motherboard/ Board - Mungkin perangkat yang satu ini tidak asing ditelinga anda yang mengerti perangkat keras komputer. Board pada printer tidaklah sama dengan board yang terdapat pada komputer PC atau laptop. Bebeda sekali bila dilihat dari segi ukuran hingga fungsinya. Pada board printer terdapat berbagai chip chip pemograman cara kerja yang telah diset agar bekerja otomatis dengan menggunakan software khusus yang biasa disebut driver. Board Printer tidak sama dengan Motherboard komputer dan motherboard laptop. baik dari segi ukuran maupun fungsi memikiki perbedaan. Board printer tertanam berbagai chip-chip pemrograman yang telah diset otomatis menggunakan software khusus. 
  2. Cartridge - Pada printer epson cartridge dan head dipisahkan, akan tetapi pada printer canon cartridge dan head menempel jadi satu. Fungsi cartridge sendiri ialah sebagai wadah tinta yang digunakan untuk mencetak. Pada kenyataannya cartridge tidaklah rawan rusak, melainkan headnya yang gampang sekali rusak.
  3. Head Print - Head pada printer adalah hal utama yang terpenting menurut admin. Mengapa? karna headlah yang berfungsi mengeluarkan tinta untuk mencetak. Seringkali head digunakan sebagai tolak ukur harga suatu printer. Seperti printer epson, harga head nya sangat mahal hampir dapat untuk membeli printer baru.   
  4. Chip Board - Berfungsi untuk menghubungkan cartridge dengan perangkat Board/Motherboard. Pada umumnya sebagai penghubung pada printer memakai kabel flexible yang tidak mudah patah meski ada pergeseran Pada Cartridge.
  5. Roll Pint - Rol yang tersusun secara mekanik berisi gear/gir untuk pemutar yang mengeluark4n hasil print/ kertas. Pada pencetak printer standard roll tersusun dari satu buah gulungan karet cukup besar untuk berfungsi mengeluarkan kertas.
  6. Adaptor - Printer juga Sama halnya dengan perangkat laptop, memiliki adaptor yang berfungsi mensuplai arus listrik d4ri tegangan AC ke tegangan DC.  Biasanya tegangan pada adaptor printer itu memakai 220V dengan output Voltase 12V.
  7. Case Print - Case atau bisa disebut casing tidak lain ialah rumah atau yang digunakan sebagai pembunkus perangkat keras printer. Secara umum biasanya terbuat dari bahan plastik yang cukup kuat tidak mudah pecah. 
  8. Cable - Seperti yang terdapat pada alat elektronik lainya, kabel digunakan sebagai penghantar arus ke adaptor.

Semoga bermanfaat. 


0 Komentar untuk "Pengertian Printer dan Fungsinya"

Back To Top