Printer Yang Cocok Untuk Usaha Cetak Foto

printer foto
Banyak yang bertanya " Printer Yang Cocok Untuk Usaha Cetak Foto itu apa ya? " . Bila kita melakukan percobaan sebelum bertanya pasti akan tahu dengan sendirinya printer apa yang cocok dengan kriteria kita. Memang sebuah pengalaman sangatlah berharga. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Guru sekolah saja tidak jarang mengajar dengan asal asalan sembari melihat buku pelajaran. Namun jika kita lakukan sendiri maka akan mendapat pengalaman yang dapat bermanfaat untuk masa depan.

Usaha cetak foto akhir akhir ini menjamur di masyarakat. Hal ini dikarenakan potensi penghasilan dari usaha tersebut cukup lumayan, apalagi sekarang ini yang namanya hp sudah tidak asing lagi di kalangan menengah ke bawah. Jika dahulu hp adalah barang berharga yang hanya dapat dimiliki oleh orang kalangan atas atau orang kaya saja, kini hp merupakan barang yang biasa dan cenderung setiap orang harus memiliki. Bahkan satu orang bisa punya hp lebih dari satu. 

Meningkatnya hp di masyarakat dengan fitur kamera, akan bertambah minat orang untuk usaha cetak foto dari hp. Praktis memang bagi yang tidak memiliki kamera digital dan sejenisnya dapat menggunakan handphone sebagai kemera. Apalagi saat ini banyak bermunculan merk merk hp baru dengan kualitas jepretan camera yang bagus.

Sebenarnya untuk membuka usaha cetak foto tidaklah butuh dana besar. Cukup sediakan tempat dengan seperangkat komputer beserta printer, sudah dapat membuka usaha cetak foto. Namun perlu diperhatikan bahwa kualitas foto yang dicetak menentukan kelangsungan daripada usaha itu sendiri. Banyak memang yang membuka usaha cetak foto dengan modal printer seadanya tanpa memerhatikan kualitas dari gambarnya.

Lalu printer yang bagus untuk cetak foto itu apa? Jawaban saya pribadi berdasarkan pengalaman printer epson lah yang paling bagus. Akan tetapi... tidak selamanya printer dapat digunakan untuk usaha cetak foto dengan kualitas bagus. Apalagi printer canon, hp, brother, dan lain lain. Mengapa saya katakan demikian tidak akan bagus jika dipakai selamanya atau dalam jangka panjang?

Sesungguhnya printer tidaklah diciptakan untuk usaha cetak foto, memang printer kondisi baru mencetak foto sangatlah bagus, namun lama kelamaan bahkan sebulan dua bulan saja sudah bisa bergaris, hasil tidak memuaskan lagi. Entah kalau anda selalu menggunakan tinta asli dari epson yang harganya sekitar 5x lipat dari harga tinta biasa, mungkin agak awet buat cetak foto bisa bagus cukup lama. Akan tetapi apa mampu usaha cetak foto memakai tinta original? sudah pastilah tidak akan, bisa bangkrut itu usaha. Lalu yang terbaik untuk usaha cetak foto itu apa? Kalau mau bagus dan selamanya dapat diandalkan kualitasnya kita bisa pakai mesin cetak foto frontier. Namun harganya juga terbilang tidak murah, itu kalau punya dana saja lebih baik pakai itu biar ngak setengah setengah.

Intinya kalau pakai printer untuk usaha cetak foto pakailah printer merk epson. Printer epson tidak akan ada tandingannya didunia ini untuk kualitas cetak foto. Itu karena head printer epson telah dipatenkan oleh penciptanya yakni produsen printer epson. Jadi ngak ada yang bakalan meniru cipataan epson. Mungkin itu sebabnya harga printer epson cenderung lebih mahal dari harga printer canon , hp , brother dan lainnya.

Jika anda berminat membeli printer epson, berikut admin beri beberapa saran printer epson yang murah namun memiliki hasil cetak bagus, dan yang cepat namun juga tetap mempunyai hasil cetak yang bagus. 
  1. Printer Epson T13
  2. Printer Epson ME32
  3. Printer Epson TX121
  4. Printer Epson R230
  5. Printer Epson T60 

Printer Epson T13 
hasil cetakan sangat bagus, sangat cocok sekali buat usaha cetak foto mengingat harganya yang cukup murah dan tergolong dalam printer epson dengan harga murah yakni seharga sekitar 750ribu plus modif dan tinta. Kecepatan cetak standart rata rata printer epson.  Tiap printer pasti ada kelemahannya, berdasarkan pengalaman saya t13 ini lemah pada penarik kertasnya. Penarik kertas bisa rusak dan sulit untuk menarik kertas. Namun dapat diperbaiki dengan membongkarnya dan menyalat pada bagian yang aus dengan plastik keras sebagai penambal bagian yang aus.

Printer Epson ME32 
hasil cetakan juga cukup bagus, sangat cocok untuk usaha percetakan foto rumahan. Kecepatan cetak standart rata rata printer epson. Menurut pengalaman admin, dari kelima printer yang saya sebutkan diatas printer ME lah yang sangat awet dan tahan lama untuk urusan head. Untuk kelemahan printer ini juga tetap pada penarik kertasnya. Harga di tempat saya sekitar 750ribu-800ribu plus modif dan tinta tentunya.

Printer Epson TX121 
merupakan printer all in one atau printer multi fungsi. Selain berguna untuk ngeprint juga dapat untuk menscan dokumen dan foto. Bagi yang menginginkan scanner beserta printer TX 121 bisa menjadi pilihan yang tepat. Kecepatan cetak masih sama dengan yang lain standart rata rata printer epson. Harga sekitar 950ribu hingga 1 juta plus modif tentunya. Kelemahan paling menonjol masih pada penarik kertasnya.

Printer Epson R230 
adalah printer legendaris dengan enam warna tinta, dengan kecepatan cetak sedikit lebih cepat dari rata rata printer epson. Dahulu printer ini sudah di stop produksinya oleh pihak produsen epson digantikan dengan tipe yang lebih baru, namun dengan begitu tingginya permintaan akan printer seri R230 ini maka produsen epson kembali memproduksinya. Banyak yang mengatakan printer inilah yang terbagus dan yang paling bagus hasil cetakannya, namun menurut admin sama saja dengan seri epson yang lain, jika sudah lama hasilnya kabur juga. Kabarnya printer ini sudah digantikan lagi dengan seri R230X dengan harga diatas satu juta.

Printer Epson T60 
merupakan printer epson sekelas dengan printer epson seri R230 dengan enam tabung tinta. Untuk kecepatan printer ini sungguh sangat cepat dan termasuk dari salah satu dari beberapa printer epson tercepat. Meski kecepatannya sangat luar biasa namun hasil cetakan yang dihasilkan tetap bagus. Cocok bagi usaha percetakan yang membutuhkan waktu cetak yang cepat. Kabarnya kelemahan printer epson T60 ini terletak pada mainboardnya yang mudah mati total, akan tetapi pengalaman admin berbeda, bukan mati total namun headnya yang lebih dulu rusak setelah hampir satu tahun dipakai. Harga head printer epson T60 sangat mahal yakni hampir satu juta. Untuk harga printer epson T60 sendiri sekitar 2juta itu sudah sekalian modif dan tintanya.
Demikian tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari informasi mengenai printer apa yang bagus untuk cetak foto. Akhir kata admin ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
Thank you ...

0 Komentar untuk "Printer Yang Cocok Untuk Usaha Cetak Foto"

Back To Top