Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet

Tinta Printer Inkjet
Pada dasarnya setiap usaha untuk memperoleh sejumlah uang dibutuhkan kerja keras agar tercapai yang diinginkan. Untuk mendapatkan sebanyak banyaknya uang terkadang seseorang sedikit memutar otak untuk mengakali agar lebih hemat pengeluaran. Prinsip ekonomi adalah sedikit modal banyak untung. Ya, semua pasti berusaha dengan modal seminimal mungkin namun berusaha pula mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin.

Disini admin memberi solusi atau cara bagi anda yang suka mencetak foto atau cetak apa saja dengan printer inkjet supaya tintanya lebih hemat. Tinta memang salah satu faktor penting yang selalu dibutuhkan pada setiap proses pencetakan. Ok, langsung saja berikut admin share cara menghemat tinta printer inkjet, sebagai contohnya saya pakai printer merk epson :
  1. Pakai Tinta Alternatif
  2. Tentukan Quality Cetak 
  3. Atur Kecerahan Gambar
  4. Tinta Habis Bersamaan
Pakai Tinta Alternatif
Mengirit tinta bertujuan untuk menghemat pengeluaran, sebenarnya pakai tinta asli atau tidak tetap bisa dihemat. Untuk menghasilkan cetak foto yang sangat bagus tentu saja kita harus memakai tinta original atau tinta asli, namun kita perlu berfikir lagi jika mau menghemat pengeluaran. Pemakaian tinta alternatif memberi solusi untuk menghemat pengeluaran, coba bandingkan harga tinta non original cuma 15-30 ribu per 100 ml dengan harga tinta original yang harganya cukup membuat dompet cepat terkuras dengan harga berkisar 100ribuan. Kalau admin blog printer-epson-terbaru.blogspot.com dari dulu pakainya tinta yang 15ribu saja, lebih hemat^_^.

Pemakaian tinta alternatif sendiri membutuhkan sistem infus, satu paket sistem infus meliputi selang tinta, tabung tinta dan cartridge. Jika tidak mau repot memodifikasi printer dengan memberi sistem infus, bisa kita gunakan printer yang memang sudah ada sistem infus dari pabriknya seperti Epson L110, L210 dan L800.
Sistim infus printer hanya cocok dipakai pada merk epson, untuk printer canon, hp, brother dan lain lain juga bisa di beri sistim infus namun tidak cocok, sebab head printer tersebut mudah rusak.
Tetukan Quality Cetak
Pada printer epson kualitas cetak secara umum digunakan ialah mode teks, mode teks dan foto, serta mode foto. Pada mode foto, tentu saja penggunaan tinta menjadi lebih banyak dibandingkan kita menggunakan mode teks. Untuk mencetak gambar bisa menggunakan mode teks untuk ngirit tinta, namun jika gambar tersebut memperlihatkan bagian wajah, demi kualitas bisa gunakan mode foto.

Kecerahan Gambar
Hal yang cukup berpengaruh pada pengeluaran tinta selanjutnya ialah kecerahan pada gambar, semakin gelap obyek maka semakin banyak pula tinta yang dikonsumsi. Untuk mengatur kecerahan gambar bisa kita edit pada software potoshop atau coreldraw dengan meningkatkan contrast atau brightness gambar tersebut agar lebih terang.

Usahakan Tinta Habis Bersamaan
Untuk yang satu ini, banyak sekali orang mengabaikan, padahal jika cara ini diterapkan akan dapat menghemat tinta printer inkjet yang cukup banyak. Mungkin anda bertanya 'loh kok bisa begitu, memang iya ta?' Tentu saja iya, dalam printer epson jika salah satu tinta habis maka printer tersebut minta direset ulang agar status tinta menjadi full kembali, padahal tinta yang yang lain masih full. Jika permintaan printer tersebut tidak dituruti untuk direset, maka printer untuk sementara tidak dapat digunakan untuk mencetak.

Nah, dari proses reset tersebut, pastinya mengeluarkan banyak tinta pada tabung pembuangan. Jika kita bandingkan lamanya satu tinta habis dengan keempat tinta (CMYK) habis maka lebih lama jika keempatnya habis bersamaan. Sudah tentu faktor tinta habis bersamaan ini sangat patut kita lakukan untuk menghemat tinta. Untuk cara agar tinta habis bersamaan sangatlah mudah dilakukan. Sebagai contoh tinta warna kuning habis duluan eh hampir habis maksudnya atau setengah habis, sedangkan yang lain masih utuh kita bisa mencetak dengan warna selain kuning agar tingkat habisnya sama. 

Keempat faktor tersebut diatas sangatlah wajib dilakukan jika memang kita ingin menghemat tinta printer. Di blog lain ada yang bilang menghemat tinta setiap kali mau ngeprint harus cek nozzle dulu, harus pakai print preview dulu, dan lain lain. memangnya pakai print preview bisa menghemat tinta ya? hehe baru tahu saya.

Demikian artikel cara menghemat tinta printer inkjet berdasarkan pengalaman admin pribadi. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Mohon maaf jika cara tersebut diatas berbeda dengan orang lain, semua hanya berdasar dari pengalaman saya sendiri. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda.

0 Komentar untuk "Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet"

Back To Top