Printer Mencetak Tapi Tidak Ada Yang Tercetak

printer mencetak tapi tidak ada yang tercetak
Mungkin anda pernah mengalami printer mencetak tapi tidak ada yang tercetak diatas kertas (blank), khususnya bagi anda pengguna printer merk canon. Pada printer canon hal tersebut bisa saja terjadi lantaran tinta tidak jatuh ke atas kertas. Memang sih tinta tetap keluar namun tertahan pada permukan head sehingga tidak sampai jatuh diatas kertas. 

Jika pencetakan terus dilakukan maka tinta akan menumpuk pada head lama kelamaan bertambah banyak dan akhirnya menodai kertas. Hal seperti ini bisa dikatakan sebagai tinta meluber, jika meluber terus kemana mana tentu merepotkan juga sebab bisa menodai kertas. Biasanya kertas yang ternoda menjadi hitam pada bagian tertentu secara abstrak. 

Artikel ini khusus membahas masalah pada printer canon, jika anda memiliki masalah yang pada printer epson bisa coba lihat artikel saya sebelumnya disini epson tidak keluar tinta.

Penyebab Tinta Meluber
Beda dengan printer epson, pada printer canon head dan kartrid menyatu. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu penyebab tinta meluber. Ketika kita mengisi ulang tinta pada kartrid dengan suntikan, otomatis menekan tinta kedalam sehingga memenuhi ruang dalam cartridge tersebut. Nah, dari sini jika lubang tempat suntikan tadi 'pres' atau tidak ada celah untuk udara keluar maka apa yang terjadi? tentu tekanan ke segala arah akan terjadi tak terkecuali melalui lubang head yang teramat kecil. Jika terus menerus apakah head tersebut tidak bocor? tentu saya pasti bisa bocor, oleh sebab itu jika akan merefil hendaknya diperhatikan juga lubangnya agar memberi lubang agak besar supaya ada celah untuk udara keluar.

Penyebab lain tinta meluber lainnya berdasarkan pantauan dan pengalaman saya ialah dikarenakan oleh aktivitas penggantian nozzle. Disini saya ada sedikit cerita mengeni nozzle yang diganti ini. Memang admin sering sekali beli kartrid bekas pakai yang belum direfil atau belum pernah di isi ulang untuk mengirit pengeluaran. Memang bila dibandingkan dengan beli baru harganya terlampau jauh. Kalau baru sekitar 250 ribu, sedangkan yang bekas belum refil hanya seratus ribuan. Ada selisih 150 ribu, lumayan buat beli tinta. 

Dari sekian banyak kartrid bekas yang dijual, kalau saya perhatikan tidak semua bekas pakai belum refil. Terakhir saya beli ada yang berbeda, nampaknya kartrid tersebut bukan bekas sekali pakai tapi hasil rekondisi. Namun memang hasilnya masih sangat memuaskan ketika dipakai hasilnya bagus. Namun ketika saya isi ulang secara penuh lalu saya pasang, apa yang terjadi? yang terjadi tinta tidak mau jatuh ke atas kertas lantaran meluber pada luar nozzel dan pada bagian bawah kartrid sehingga tidak ada yang tercetak satu huruf pun walaupun printer tersebut sedang mencetak atau sedang berjalan. 

Tidak berapa lama kemudian luberan tinta tersebut mengotori kertas yang sedang jalan secara abstrak dengan warna hitam. Awalnya sempat heran mengapa bisa begitu, padahal cara merefil saya sudah benar dengan melubangai kartrid agar besar biar longgar. Setelah mencoba beberapa kali namun hasil tetap tinta meluber, akhirnya saya cari tau penyebabnya lebih serius lagi. Alhasil ketemu penyebab mengapa tinta meluber, ternyata pada bagian bawah kartrid ada lubang. Mungkin kartrid tersebut habis dibongkar lewat bagian bawah untuk mengambil nozzle yang telah rusak karena tersumbat. Setelah nozzle tersebut selesai dibersihkan dari kotoran yang melekat lalu dipasang kembali. Ini hanya perkiraan saya saja, jika hal tersebut benar maka sungguh kreatif orang yang melakukannya. Kartrid bekas yang tersumbat tidak dipakai bisa dibenerin lagi, jadi uang deh.. kreatif sungguh.

Jadi, kesimpulannya tinta meluber dapat pula karena perbaikan tadi. Namun ketika saya isi tidak terlalu banyak, tinta baik baik saja tidak meluber. Hanya ketika saya isi full atau penuh saja.

Mengatasi Printer Mencetak Tapi Tidak Ada Yang Tercetak
Setelah kita mengetahui penyebab Printer Canon Mencetak Tapi Tidak Ada Yang Tercetak, pastinya terlintas dalam benak kita untuk mencari solusi sendiri bagaimana cara menanganinya. Mungkin yang anda pikirkan benar, cara mengatasinya sangat mudah memang. Tinggal copot kartrid lalu bersihkan dengan tisu. Namun ingat, penting sekali untuk diperhatikan. Jika head atau nozzle beserta badan kartrid yang kotor kena luberan tinta sudah dibersihkan, lekaslah pakai buat ngeprint jikalau sudah kamu pasang kembali pada tempatnya. Jika tidak lekas maka tinta akan meluber lagi. Makin banyak yang di cetak makin bagus, tinta pada kartrid jadi berkurang sehingga tidak akan meluber lagi.

Jika tidak ingin ada luberan, tentu anda sudah tahu kan apa yang harus dilakukan? ya, dengan melakukan pengisian ulang tinta secara benar. Jangan sampai ada tekanan ke segala arah agar nozzle tidak terluka. Memakai sistem infus sebenarnya bagus untuk stok tinta pada kartrid, namun printer canon dengan system infus pakai selang tidak cocok. Yang cocok memakai ciss atau sistem inpus cuma printer merk epson.

Demikian sedikit artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan printer canon. Untuk printer epson tidak mencetak tapi tidak ada yang tercetak admin belum pernah mengalami. Semoga dengan saya bagikan pengalaman disini dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkan informasi ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda.*

*Mohon maaf belum ada gambar. Sebenarnya gambar sudah ada di hp namun belum bisa upload dikarenakan card reader hilang dan kabel data rusak. Sedangkan bluetooth belum ketemu ^_^. Mungkin nanti kalau tidak repot gambar akan saya upload jika sudah ada alatnya.

0 Komentar untuk "Printer Mencetak Tapi Tidak Ada Yang Tercetak"

Back To Top