Tips Merawat Printer Inkjet Modifikasi

Printer Inkjet Modifikasi
Cara Merawat Printer Inkjet Sistem Infus - Setiap orang pasti menginginkan printer miliknya selalu bisa untuk digunakan atau awet dan berumur panjang. Untuk mendapatkan printer yang tahan lama maka perlu diperhatikan cara perawatannya. Printer yang terawat dengan baik, tidak akan mudah rusak dan pasti dapat selalu diandalkan untuk keperluan cetak mencetak.

Dipasaran banyak sekali beredar berbagai macam printer dan merknya masing masing, ada printer jenis inkjet, laser, dot matrix dan lain lain. Dari sekian banyak jenis printer, yang paling banyak digunakan ialah pirnter ink jet memang banyak. Memang kebutuhan menggunakan printer inkjet sangatlah banyak dibandingkan dengan printer lain, selain itu harga dari printer jenis inkjet ini adalah yang termurah dari sekian banyak jenis printer.


Oleh karena banyaknya keperluan mencetak menggunakan printer inkjet, orang orang mulai mensiasati penggunaan tinta agar dapat menekan memperoleh keuntungan yang lebih besar dengan cara membuat sistem infus atau modifikasi printer. Dengan memodifikasi printer menggunakan sistem infus, kita dapat menggunakan tinta merk apa saja yang murah. Memang kalau harus beli tinta original yang sekalian kartridnya sangatlah jauh beda harganya yang tentu saja lebih mahal. 


Dari sinilah dibutuhkan perawatan khusus untuk printer modifikasi atau printer dengan system infus agar selalu awet tahan lama. Adapun tips dari saya untuk merawat printer inpus adalah sebagai berikut:

  1. Printer jangan dianggurkan terlalu lama agar tinta pada nozzle tidak mengering. Jikalau tidak ada bahan untuk di print, gunakan print apa saja setidaknya sekali dalam beberapa hari.
  2. Debu wajib dibersihkan dari printer khususnya pada penutup tabung tinta, jika perlu tutupi tabung tinta dengan kertas.
  3. lakukan clean head hanya pada saat nozzle dirasa buntu saja. Ada yang bilang harus melakukan head cleaning secara berkala agar tidak buntu, itu SALAH besar. Asal ngomong saja tuh orang, makin banyak nozzle beraktifitas maka semakin cepat pula nozzle tersebut mengalami penyumbatan.
  4. Selalu pilih tinta buatan pabrik dengan ciri penutup dobel yang ada aluminiumnya. Jangan pernah pakai tinta produksi rumahan. Ganti ganti tinta tidak masalah asal pilih tinta dengan benar.
  5. Matikan printer dengan menekan tombol power, jangan langsung mencabut kabel yang menancap pada listrik.
  6. Posisi tabung tinta haruslah tidak lebih tinggi dari kartrid. Atau bisa disejajarkan dengan printer, agar tidak berpotensi terjadi banjir dalam printer yang dapat menenggelamkan motherboard.
  7. Jangan lupa untuk membuka penutup tabung infus ketika printer sedang mencetak dan tutup kembali jika printer sudah tidak digunakan mencetak.
Demikian artikel tentang tips atau cara merawat printer inkjet modifikasi berdasarkan pengalaman admin. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 Komentar untuk "Tips Merawat Printer Inkjet Modifikasi"

Back To Top