Perbedaan Printer Inkjet dan Printer laser

Perbedaan Printer Inkjet laser
Sebelum membahas perbedaan antara printer inkjet dengan printer laser, hendaknya kita mengetahui apa itu printer dan fungsinya. Pastinya anda sudah paham kegunaan dari printer. Jika pembaca belum paham dengan apa itu printer, dapat pembaca ketahui pada posting saya sebelumnya dengan judul pengertian printer dan fungsinya. Intinya printer itu digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks dan gambar dari pc atau laptop. Dari bentuk digital menjadi bentuk lebaran kertas.

Macam macam printer

Kebutuhan mencetak itu beragam, maka dari itu jenis dari printer sendiri banyak macamnya. Selain ada printer inkjet, adapula printer laser. Kedua jenis printer inilah yang paling banyak beredar dipasaran, sebab kebutuhan mencetak dari kedua jenis printer ini banyak sekali. Printer lainnya seperti printer dot matrix, printer daisy wheel, printer drum, diproduksi tidak sebanyak printer inkjet dan laser sebab penggunaan dari masing masing printer tersebut hanya pada tempat tempat tertentu saja dengan volume cetak yang tidak begitu banyak.

Perbedaan Printer Inkjet dan Printer laser

Karena ini adalah posting mengenai printer inkjet dan laser, untuk printer dot matrix, daisy wheel, dan drum tidak serta saya jelaskan pada artikel ini. Mungkin pada artikel mendatang bisa jadi saya posting. Ok, berikut dibawah ini merupakan perbedaan andara printer inkjet dan printer laser:

Printer Inkjet

  1. Ukuran lebih kecil dari printer laser
  2. Menggunakan tinta dye atau cair
  3. Kualitas cetak masih lebih bagus printer laser
  4. Menggunakan sistem semprot dari lubang lubang kecil yang disebut nozzle.
  5. Kecepatan cetak pada umumnya lebih lambat dari printer laser, meskipun sekarang sudah banyak update printer inkjet yang lebih cepat dari printer laser seperti epson T60.
  6. Harga printer lebih murah dari jenis laser.
Printer Laser
  1. Ukurang cenderung lebih besar dari printer inkjet
  2. Memakai tinta bubuk atau serbuk.
  3. Cara kerja atau system menggunakan infra merah atau laser semacam mesin fotocopy.
  4. Kecepatan cetak lebih cepat dibandingkan dengan printer inkjet.
  5. Hasil cetak lebih halus dari inkjet.
  6. Harga lebih mahal dari printer inkjet, sebab memiliki komponen yang lebih canggih.
Demikian perbedaan printer inkjet dan printer laser. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 Komentar untuk "Perbedaan Printer Inkjet dan Printer laser"

Back To Top