Hasil Cetak Printer Bergaris Miring dan Kotor

Hasil Cetak Printer
Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris, Miring dan Kotor - Masalah yang terjadi pada printer inkjet seakan tidak ada habisnya, selalu ada saja masalah yang timbul dikemudian hari baik masalah ringan ataupun berat. Kalau ada yang bilang kalau tidak mau rusak, jangan buat ngeprint! Memang benar begitu. Setiap langkah pasti ada resikonya, begitupun printer yang dipakai pasti terjadi problem. 

Masalah hasil cetak printer inkjet bergaris, adalah masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna printer inkjet. Pada posting kali ini admin mengulas masalah masalah yang sering terjadi pada printer inkjet. J ika hasil print bergaris, miring, atau hasilnya kotor bisa jadi penyebabnya salah satu di bawah ini:

Masalah Kertas
Pada saat kita mencetak menggunakan kertas khusus seperti kertas foto, kertas sertifikat, kertas jenis BC atau kertas lainnya, printer dapat dengan mudah ternoda atau memberikan hasil yang tidak baik misalnya teks jadi miring atau tidak sejajar rata dengan pinggiran kertas. Untuk itu coba cek dengan cara ngeprint menggunakan kertas hvs ukuran A4 atau folio dan lihat apakah printer mengalami hasil cetak yang sama dengan yang sebelumnya.

Apabila printer mencetak dengan cukup baik pada kertas HVS, bisa jadi masalahnya memang pada kertas khusus tersebut. Biasanya ketebalan kertas mempengaruhi proses pencetakan. Apalagi jika menggunakan printer epson yang biasa, penarik kertasnya cukup sulit untuk menarik kertas yang agak tebal. Proses masuk yang salah akibat kertas tebal dapat mengakibatkan hasil cetak miring, bergaris, bahkan ternoda oleh tinta. Yang paling sering ditimbulkan ialah yang miring. Untuk mengatasi kertas yang agak tebal, kita bisa bantu mendorong kertas agar mudah masuk ke dalam printer agar kertas juga tidak miring pada saat masuk.

Ada beberapa kertas yang memang memiliki tekstur permukaan yang berbeda dengan kertas pada umumnya. Seperti pada kertas linen yang asli, permukaan kertas linen mempunyai pola garis garis timbul. Pola kertas yang demikian terkadang dapat menyebabkan kertas tersebut ternoda oleh tinta. 

Head Printer
Untuk mengeluarkan tinta dibutuhkan yang namanya head, oleh sebab itu masalah yang terkait head sebagian besar ialah tinta. Kertas yang ternoda oleh tinta padahal kertas tersebut proses masuknya sudah benar, tidak miring dan tidak terlalu tebal bisa jadi dikarenakan oleh headnya. 

Contoh pada printer canon, ketika kartrid yang juga menyatu dengan head tersebut selesai di isi ulang atau bahasa kerennya di refill sering kali kertas ternoda oleh tinta. Jika begitu proses refill tersebut dilakukan dengan kurang benar yang mengakibatkan head menjadi banjir tinta. Alhasil selain mengotori kertas dengan tinta, biasanya head canon yang banjir menghasilkan cetak yang bergaris juga. Ini masuk akal juga sebab tinta yang seharusnya jatuh ke atas kertas tertahan pada kepala head yang banjir tinta tadi. Saya sendiri sering sekali mengalami hal yang demikian.

Untuk mengatasi head yang banjir mudah saja, tinggal lepas kartridnya lalu bersihkan kepala head yang banjir tadi dengan tisu bersih. Ketika kartrid tersebut sudah selesai dipasang kembali, segeralah buat ngeprint atau mencetak supaya head tidak banjir lagi. 

Demikian artikel Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris, Miring dan Kotor berdasarkan pengalaman admin. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi ini. Akhir kata saya selaku admin blog printer-epson-terbaru.blogspot.com mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda.

0 Komentar untuk "Hasil Cetak Printer Bergaris Miring dan Kotor"

Back To Top