Cara Memperbaiki Head Printer Yang Tersumbat

mengatasi Head Printer Epson
Cara Memperbaiki Head Printer Epson Yang Tersumbat - Jika head printer tersumbat kita tidak bisa mencetak dengan sempurna atau bahkan tidak bisa mencetak sama sekali tergantung dari tingkat kerusakan pada head printer. Lubang head sangatlah kecil, terkena debu sedikit saja dapat mengakibatkan head buntu. Kebanyakan memang dari tintanya, seringkali kita mengabaikan kebersihan dari tinta yang kita pakai. Tinta yang bagus untuk printer tidak harus yang mahal, ini sudah saya buktikan sendiri. 

Sedikit tips memilih tinta printer dari saya, pilihlah tinta printer buatan pabrik yang memiliki segel aluminium pada bagian dalam tutupnya. Jangan pernah gunakan tinta printer produksi rumahan yang proses pembuatannya tidak terjamin akan kebersihannya. Tinta produksi sendiri biasanya tidak memiliki segel aluminium pada bagian dalam tutupnya. Tinta printer yang murah produksi rumahan akan cepat sekali membuat print head printer kita tersumbat.

Kembali pada cara mengatasi head printer yang tersumbat. Jika memang head printer kita sudah buntu, segeralah kita atasi dengan membersihkan head dari kotoran yang menyumbat lubang head. Caranya cukup mudah, kita hanya butuh cairan pembersih untuk head printer. Cairan tersebut dapat kita buat sendiri dari bahan sederhana yang ada di rumah kita, proses pembuatannya pun cukup mudah. Cara berikut ini dapat digunakan untuk segala macam head , printer epson, canon, brother, hp dan lain lain.

Oke, langsung saja berikut caranya:
  1. Hal pertama yang perlu kita siapkan ialah tempat atau wadah seperti mangkok juga bisa  kira-kira 200 ml dan tentu saja kita harus memastikan bahwa wadah mangkok tersebut terbebas dari debu juga kotoran yang dapat membuat head buntu.
  2. Setelah itu silahkan isi wadah tersebut dengan 1 sendok makan cairan alkohol. satu atau dua tetes sabun cuci piring cair lalu silahkan diaduk hingga merata. Campuran antara cairan alkohol dan sabun cuci piring tersebut dapat kita pakai untuk membersihkan head.
  3. Ambil kapas secukupnya kemudian celupkan ke dalam cairan tersebut yang sudah kita buat tadi. Letakkan pada head yang tersumbat, maka resapan cairan tersebut akan dengan sendirinya memecah kebuntuan pada head.
  4. Setelah sekiranya meresat ke dalam head, langkah terakhir yang harus dilakukan ialah bersihkan / lap dengan kapas kering yang bersih . Setelah benar benar bersih pasang kembali head pada printer dan siap untuk digunakan.
Jika proses pembersihan head tersebut belum berhasil, lakukanlah beberapa kali hingga berhasil. Apabila telah melakukan beberapa kali namun belum juga berhasi, dapat dicoba cara lainnya yaitu dengan menggunakan cairan pembersih lainnya yang lebih keras. Cairan yang lebih keras tersebut dapat kita buat sendiri, tidak perlu membeli. Untuk cara pembuatan cairan pembersih head printer yang lebih keras dapat melihat pada artikel saya selanjutnya.

Demikian cara memperbaiki head printer canon yang buntu, bisa juga untuk semua jenis head dari berbagai merk printer. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda.


0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Head Printer Yang Tersumbat"

Back To Top