Menggunakan UPS Untuk Komputer dan Printer

ups terbaik
Menggunakan UPS Untuk Komputer dan Printer merupakan langkah yang baik apalagi jika tegangan listrik di tempat kamu naik turun terus, supaya tidak merusak komponen komputer lebih baik dipasang UPS juga. Satu saran admin jika menggunakan UPS jangan lupa untuk mematikan UPS juga ketika kamu mematikan komputer kamu.

Berdasarkan pengalaman admin saat kompter mati namun UPS tidak saya matikan atau dengan kata lain kabel power masih menancap pada listrik, UPS tidak bertahan lama umurnya hanya sampai hitungan bulan saja. Itu pengalama pakai UPS pertama kali, saat memiliki UPS untuk kedua kalinya kabel power UPS selalu saya matikan ketika komputer dalam keadaan mati. Hasilnya awet hingga bertahun tahun lamanya. Namun namanya juga manusia terkadang juga lupa tidak saya matikan, sehingga perlahan UPS bermasalah dan akhirnya rusak atau tidak dapat menyimpan daya seperti UPS yang pertama.

Pengertian UPS
Kepanjangan dari UPS ialah Uninteruptable Power System. UPS sendiri yaitu sebuah baterai dengan inverter. Fungsinya tidak lain untuk menstabilkan daya tegangan dari sebuah aliran listrik. Jadi jika listrik dirumah kamu padam kamu tidak perlu khawatir, komputer kamu masih akan terus menyala untuk beberapa saat lamanya jika kamu memakai UPS.

Kalau kurang faham, gampangnya itu ups seperti sebuah batrei hp. Jika batrei kamu habis ya harus di isi ulang dengan mencolokkan kabel power ke lubang listrik. Di Indonesia ini banyak sekali listrik dalam kondisi tidak stabil, belum lagi listrik mati mendadak akibat pemadaman bergilir. Hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi dari PC kita. Komputer yang sering mati mendadak tidaklah baik, bisa bisa rusak kena mainboardnya atau hardisknya yang rusak.

Belum lagi kerugian lain yaitu kehilangan data akibat listrik tiba tiba padam. Contohnya sedang pakai software coreldraw untuk mengerjakan desain sampai tengah pekerjaan listrik langsung mati belum di save lagi. Waduh jengkel pasti. Beda kalau kita pakai ups pasti bisa simpan dulu.

Kalau untuk komputer dan printer saja ups rumahan dengan daya 600va saja sudah cukup kok. Untuk harga kurang lebih 500 ribuan hingga 1 juta tergantung merk. Cukup untuk daya kurang lebih 10 menitan tergantuk pemakaian.

jenis UPS
UPS sendiri ternyata memiliki beberapa jenis oleh sebab itu disini admin tulis beberapa jenis ups tersebut beserta kelebihannya pula. Keberadaan macam macam ups dipasaran memang untuk kebutuhan yang berbeda pula oleh penggunanya. Namun satu hal yang pasti UPS untuk menyimpan listrik sementara agar dapat digunakan layaknya sebuah aki / baterai hp.

Macam macam UPS serta kelebihannya
Standby UPS / Line Interactive UPS
UPS ini memiliki sistem yang sederhana. Biasanya, jenis UPS sederhana seperti ini dipakai oleh kalangan kantor, pemilik/ pengguna web dan server server yang berkapasitas kecil. Desain jenis UPS ini mampu untuk memproduksi filtering tambahan serta mengurangi hasil transients dibandingkan dengan standby UPS topologinya. Manfaatnya, dengan menggunakan desain ini pengguna akan menghasilkan efisiensi penggunaan yang tinggi, ukuran yang kecil serta harga yang cukup terjangkau. Selain itu, UPS jenis satu ini telah dikenal cukup tahan lama atau awet.

Standby Ferro UPS
Tipe UPS satu ini merupakan yang paling dominan dibandingkan dengan jenis lainnya. UPS standy ferro menggunakan tegangan listrik sekitar 3 – 15 kVA. Kelebihan dari ups jenis ini ialah memiliki sistem kehatanan yang unggul. Selain itu sistem filtering cukup baik, serta mampu menghasilkan transfer listrik yang besar disaat sumber listrik utama padam.

Double conversion online UPS
Jenis UPS double conversion online UPS sering digunakan pada tegangan listrik sebesar 10kVA. Jenis UPS ini sebenarnya hampir sama dengan sistem UPS standby ferro UPS hanya saja teknologi yang digunakan merupakan duplikasi desain online. Untuk kelebihan dari ups jenis ini ialah dapat menghasilkan tenaga yang konstan, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyalurkan listrik. Juga sumber utama tidak akan menimbulkan transfer switch aktif.

Delta Conversion Online UPS
Jenis UPS yang satu ini merupakan UPS yang masuk dalam desain online UPS. Delta conversion teknologinya mampu menyimpan energi dengan membawa perbedaan daya awalnya hingga titik akhir. adapun kelebihan dari ups jenis ini ialah mampu mengurangi hilangnya tenaga yang disalurkan. Mampu melakukan efisiensi yang tinggi sehingga tenaga atau energi yang diterima juga besar juga mendapatkan perlindungan paten sehingga tidak dijual pada kelas supplier UPS yang biasa.

Tag : komputer
0 Komentar untuk "Menggunakan UPS Untuk Komputer dan Printer"

Back To Top