Tinta Printer Yang Tidak Luntur Terkena Air

tinta printer yang tidak luntur kena airTinta Printer Yang Tidak Luntur kena Air -  Di jaman sekarang ini sebuah printer menjadi cukup penting perannya, segara urusan cetak mencetak tidak lepas dari yang namanya printer. Printer sendiri cukup beragam jenisnya, dari mulai yang biasa dipakai rumahan hingga mesin printer kelas atas yang digunakan dalam usaha percetakan.

Selain cara pakainya mudah, yang membuat banyak orang senang memanfaatkan printer untuk berbagai keperluan ialah kepraktisannya. Ada file tinggal hidupin komputer trus prin deh.. simple sekali jika dibandingkan dengan mesin cetak yang cukup memakan banyak waktu sebelum naik cetak seperti ngeplat dulu, setting mesin dan lain lain.

Kelebihan lain printer selain mudah dan praktis, kita tidak perlu berkotor kotor diri seperti proses cetak dengan mesin cetak sebab harus kontak langsung dengan mesin, obat plat seperti gom, tinta, dan lain lain.

Tinta merupakan hal penting dari sebuah printer, tanpa tinta lantas hasil cetaknya pakai apa? Tinta sendiri adalah zat cair yang pada umumnya memiliki 4 warna yaitu hitam, merah, kuning, dan biru. Tinta printer yang biasa umum dipakai ialah tinta jenis dye base.

Apakah kamu tahu selain tinta dye ada beberapa jenis tinta lainnya yang jika terkena air tinta tersebut tidak akan luntur seperti tinta dye? berikut dibawah ini tinta yang admin maksud tidak luntur jika terkena air.

Tinta Pigment / Durabite
tinta pigmen
Tinta printer pigment merupakan jenis tinta yang terbuat dari campuran air, colourant, pigment, diluent dan bahan kimia lainnya. Kalau dibandingkan dengan tinta dye base tinta ini memiliki hasil cetak dengan warna yang lebih tajam.

Tinta pigment dapat digunakan pada kertas HVS, Kertas foto, dan kertas lainnya yang dapat menyerap zat cair. Satu hal yang penting untuk diperhatikan jika printer kamu dirumah pakai tinta pigment atau durabite, jangan sampai lama tidak dipakai sebab head akan buntu terkena tinta pigment yang mengering. Kalau bisa setiap hari buat ngeprint paling tidak satu lembar kertas.

Printer yang cocok untuk tinta dye base saya rasa semua cocok baik itu epson, canon, brother, hp dan lain lain. Namun untuk tinta pigmen yang cocok hanya printer merk epson, sebab head epson berbeda dengan printer lainnya.

Tinta Sublim / Sublimation Ink 
tinta sublim
Tinta printer jenis ini dominan terbuat dari minyak, biasanya digunakan untuk mencetak media selain kertas seperti kaos, keramik, mug, pin dan lain lain. Lebih tahan terhadap air daripada tinta dye based. Warna yang dihasilkan lebih tajam dari pada tinta dye dan tidak mudah pudar kecerahannya. Yang perlu diperhatikan jika menggunakan tinta jenis ini ialah gunakan sesering mungkin, setiap hari pakailah buat ngeprint agar tinta tidak mengering dan menyumbat lubang head.

Sama seperti menggunakan tinta pigmen, printer yang cocok dengan tinta jenis ini ialah printer epson. Printer canon, hp dan lainnya tidak cocok sebab headnya akan mudah buntu jika terkena tinta macam sublim dan pigmen.

Tinta Solvent
tinta solven
Untuk tinta jenis yang satu ini memiliki dua varian yakni indorr dan outdoor. Biasanya hanya dipakai pada pirnter format besar atau biasa disebut dengan mesin digital printing. Saya selaku admin blog printer-epson-terbaru.blogspot.com belum pernah menjumpai seseorang menggunakan tinta solvent pada printer biasa, mungkin ada juga sih yang gunakan namun harus yang indoor agar printer tidak mudah tersumbat headnya.

Tinta jenis solven paling sering digunakan untuk keperluan mencetak macam macam banner atau spanduk seperti neonbox, penunjuk arah orang hajatan, spanduk warung sederhana hingga spanduk pilkada dan lain lain.

Khusus tinta solven yang indoor seperti eco solvent, biasanya digunakan untuk cetak foto dinding, cetak stiker dan lain lain yang sifatnya lebih kecil ukurannya sebab hasil cetaknya lebih bagus dari yang outdoor.

Baik tinta solven yang indoor ataupun outdoor sama sama memiliki ketahanan terhadap sinar ultraviolet sebab terbuat dari cat duco dan tambahan bahan bahan lainnya.

Yang perlu diperhatikan dan penting dari penggunaan tinta solven ini ialah selalu gunakan masker dalam pengaplikasiannya. Sebab bau dari tinta solven sangat menyengat, jika perlu pasang blower (kipas angin mengarah keluar) pada ruangan agar sirkulasi udara dapat dengan cepat keluar ruangan.

Printer yang cocok menggunakan tinta ini ialah printer format besar seperti myjet, mimaki, blueprint, roland, xuli, binterjet, mutoh, starwin, icontek dan lain lain. Untuk head yang digunakan printer digital printing biasanya memakai produk dari konica dan seiko, kedua merek tersebut berasal dari jepang.

0 Komentar untuk "Tinta Printer Yang Tidak Luntur Terkena Air"

Back To Top