Cara Print Cover CD Dengan CorelDraw

Print CD
Sebelumnya buat yang sudah mahir dan jago menggunakan coreldraw, pastinya tutorial saya ini tidaklah berguna. Namun buat kamu yang belum pernah menggunakan coreldraw untuk cetak kertas CD bisa jadi artikel berikut sangat berguna untuk belajar. 

Sebenarnya untuk ngeprint CD sudah disediakan printer khusus yang dapat digunakan untuk print CD seperti printer epson R230 dan epson T60 . Namun buat kita yang tidak memiliki dua printer tersebut tidak perlu berkecil hati, sekarang udah ada yang namanya kertas CD, lebih tepatnya kertas stiker CD. Anda dapat membeli kertas stiker CD ini di toko kertas / alat alat tulis biasanya ada. Kita dapat cetak gambar di atas kertas CD tersebut untuk kemudian ditempel pada CD sebagai cover. 

Untuk proses print kertas CD menggunakan corel draw sangatlah mudah, jika kamu belum bisa, dapat mengikuti tutorial yang saya berikan berikut ini. Tentu saja siapkan dulu kertas CD beserta printernya agar dapat langsung praktek. Teori tanpa praktek akan tidak berguna sebab teori sangat berbeda dengan praktek langsung. 

Ok, langsung saja berikut caranya :
  1. Buka corel buat new document, jangan lupa ubah ukuran dari inches ke centimeters
  2. Ubah ukuran kertas juga (kertas CD biasanya berbeda ukurannya) sesuaikan ukuran kotak pada corel dengan ukuran kertas CD.
  3. Buat tiga lingkaran masing masing ukurannya 1,5  11,5  dan 12 centimeter 
  4. Lakukan center posisi gambar agar sesuai dengan lingkaran
  5. Masukkan desain cover CD yang telah siap ke dalam lingkaran yang telah kamu buat tadi yang ukuran 11,5 cm dengan mengguanakan Effects PowerClip . Sebaiknya menggunakan corel versi X5 atau X6. Pada corel x4 kebawah effect power clip butuh diedit kembali agar bisa tepat.
  6. Group ketiga lingkaran tadi kemudian copy menjadi dua buah dan atur posisi agar pas dengan kertas (agar tidak ada kertas stiker cd terbuang)
  7. Sampai sini sudah selesai, langkah selanjutnya tinggal print out saja seperti print kertas pada umumnya. 
Untuk memperjelas langkah langkah diatas, berikut saya lampirkan gambar gambar sesuai langkah diatas. Silahkan lihat gambar di bawah agar lebih mengerti.
tiga lingkaran
Tiga lingkaran dengan ukuran berbeda

sesuaikan
Lakukan center posisi pada gambar yang dipilih
agar sesuai dengan lingkaran


masuk lingkaran

Masukkan gambar kedalam lingkaran dengan ukuran 11,5


warna putih
Lingkaran paling kecil beri warna putih
agar keliatan lubang tengahnya

copy dua
Copy gambar agar tidak ada kertas CD yang terbuang

Sampai disini sudah selesai, tinggal dicetak keluar saja seperti ngeprint biasa. 

Demikian artikel ini saya buat dengan sedikit lelah ^_^. Semoga bermanfaat buat kamu yang membutuhkan. Akhir kata saya admin blog printer epson terbaru mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 Komentar untuk "Cara Print Cover CD Dengan CorelDraw"

Back To Top